16
22

7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Kebumen

Lagi nyari rekomendasi wisata alam terbaik di sekitar Kebumen? Kamu berada di tempat yang tepat. Melalui artikel ini, kami akan membagikan rekomendasi wisata alam terbaik di Kebumen. Mulai dari wisata waduk, pantai, air terjun hingga goa. Tertarik? Berikut 7 rekomendasi wisata alam terbaik di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi:

1. Waduk Sempor Gombong

(sumber: instagram.com/kebumen.explore/)
LokasiGombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating4,5/5 dari 3.165 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen43 menit (27,7 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataDanau, perbukitan, perahu dan banana boat.

Kini, waduk tak hanya menjadi penyimpanan air saja. Beberapa waduk memiliki keindahan yang membuatnya layak menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah Waduk Sempor Gombong, Kebumen.

Kombinasi pemandangan air danau (waduk), perbukitan, dan langit sangat cantik sekali. Pemandangan tersebut memberikan perasaan damai di hati. Waduk ini begitu kaya akan pepohonan subur dan vegetasi lainnya. Hal itu juga berkontribusi dalam menciptakan udara yang segar dan sehat.

Keindahan waduk bisa kamu nikmati dengan naik perahu atau banana boat. Menjelang matahari terbenam, nuansanya sangat romantis. Tak mengherankan wahana ini kerap dikunjungi oleh pasangan kekasih.

Di sepanjang jalan yang mengelilingi waduk, penduduk setempat biasa berjalan-jalan atau naik sepeda. Tempat ini sangat kondusif untuk berolahraga. Selain itu, harga tiket masuknya juga gratis.

2. Wisata Alam Jembangan

(sumber: instagram.com/p/CJmma_es_PL/)
Lokasi8QWC+566, Sukadana, Jembangan, Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rating4,3 / 5 dari 1.129 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen36 menit (21,6 km) lewat Jl. Kutoarjo
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataWahana perahu, rumah makan, outbound

Pemerintah Kebumen sepertinya betul-betul serius dalam menggarap potensi waduk. Selain Waduk Sempor Gombong, ada wisata waduk lainnya yang tak kalah menarik. Namanya adalah Wisata Alam Jembangan.

Wisata waduk ini memang sedang viral. Banyak anak muda yang menghabiskan waktu di sana, terutama pada akhir minggu. Wisata alam ini menyajikan pemandangan air waduk yang terlihat segar, dengan latar belakang perbukitan yang hijau.

Selain itu, di tempat ini terdapat fasilitas lengkap yang dapat menunjang kegiatan wisata. Apa saja fasilitas yang dapat kamu nikmati? Ini dia daftarnya:

  • Area parkir kendaraan.
  • Spot selfie.
  • Wahana permainan perahu.
  • Gazebo.
  • Outbound.
  • Rumah makan Jembangan.
  • Warung-warung.

Baik kamu yang berjalan-jalan sendiri, bersama pasangan, atau pun anak-anak, wahana wisata ini begitu layak untuk dikunjungi.

3. Pantai Menganti

(sumber: instagram.com/yogi_prasty0/)
LokasiDesa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating4,6/5 dari 3.139 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen1 jam 12 menit (43,1 km) lewat Jl. Ayah – Karangbolong
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSemenanjung Karangbata, warung-warung makan

Dari bibir pantai, terlihat keindahan bukit-bukit yang hijau. Sesekali, buih-buih ombak menghampiri kakimu, kemudian surut kembali ke tengah lautan.

Itulah pemandangan yang akan kamu temukan di Pantai Menganti. Kecantikan Pantai mengantiini sudah sangat tersohor. Sehingga, Pantai Menganti terkenal sebagai salah satu dari 10 pantai Kebumen yang memiliki pemandangan laut yang cantik.

Saat menjelajahi Pantai Menganti, kamu akan berjalan kaki dari area parkiran ke area pantai. Setelah menaiki tangga dari parkiran, kamu akan melihat Tanjung Karangbata.

Tanjung ini kerap disamakan dengan wisata Nusa Penida Bali. Di sana, kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati debur ombak atau berfoto-foto cantik.

Merasa lapar? Kamu tak perlu khawatir. Di dekat pantai, terdapat banyak makanan laut segar. Kebumen memang terkenal akan olahan hasil laut yang segar, variatif, dan tentu saja terjangkau. Sambil makan, kamu juga bisa menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang merapat ke Pantai Menganti. Sungguh pengalaman yang tiada duanya.

4. Bukit Pentulu Indah Karangsambung

(sumber: instagram.com/kebumen.explore/)
LokasiJl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rating4,5/5 dari 1.493 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen35 menit (22,1 km) lewat Jl. Karangsambung
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan pinus indah

Dari pantai, kini kita beralih ke perbukitan. Jika kamu ingin menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang begitu menawan. Pemandangan matahari terbit dan terbenam ini dilatarbelakangi Gunung Sindoro dan Sumbing sepaket dengan kabut-kabutnya. Keindahan ini membuatmu serasa memandang hamparan surga.

Perjalanan untuk menuju ke Bukit Pentulu Indah Karangsambung juga tak kalah menarik. Di sepanjang jalan, kamu akan menemui deretan pinus-pinus yang seolah menyambutmu di samping kanan dan kiri.

Selain itu, ada pula pemandangan perbukitan yang cantik, hijau dan masih asri. Jalan untuk menuju ke sana juga cukup rapi, tidak sulit untuk dijangkau baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kamu bisa menikmati panorama lautan langit nan indah ini hanya dengan membayar Rp10.000,00 saja. Cukup terjangkau, bukan?

5. Wisata Alam Bukit Hud

(sumber: instagram.com/areajogjajateng/)
LokasiDesa RT. 04/02 Karangtengah, Karangtengah, Karangbolong, Kec. Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating4,4 / 5 dari 564 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen50 menit (34,5 km) lewat Jl. Raya Sokka
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataAnjungan kupu-kupu, ayunan

Ingin menikmati pantai tetapi tidak ingin basah-basahan? Ke Bukit Hud saja!

Bukit Hud atau Uhud adalah tempat untuk memandang hamparan Samudra Hindia dari atas. Betapa indahnya melihat gulungan ombak besar yang seolah dirangkul oleh bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi.

Spot favorit wisatawan di Bukit Hud adalah anjungan kupu-kupu. Dari sana, mereka biasa berfoto dengan pemandangan samudera luas dan bukit-bukit tinggi. Selain itu, ada pula ayunan kayu di tepi bukit yang bisa dinaiki oleh satu orang.

Meskipun dua tempat ini indah, tetapi kamu harus sedikit berhati-hati saat berada di sana. Tidak ada pengaman di dekat anjungan dan ayunan. Jadi, tetap jaga diri kamu saat sedang bermain dan berfoto di sana.

6. Curug Sawangan

(sumber: instagram.com/rahmatphaoo/)
LokasiKarang duwur, Tj. Nagasari, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating4,4 /5 dari 117 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen1 jam 10 menit (43,1 km) lewat Jl. Ayah – Karangbolong
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPantai Nogosari, Gua Karangduwur, Bukit Nogosari

Soal keindahan alam, Kebumen memang bisa menjadi juara. Begitu banyak wisata alam yang dapat kamu jamah. Salah satunya adalah Curug Sawangan.

Air terjun yang satu ini adalah air terjun pendek. Tentu ini berbeda dengan air terjun pada umumnya yang tinggi dan berasal dari pegunungan. Tingginya hanya 150 meter dan dimuntahkan dari Gua Surupan yang memiliki sungai bawah tanah.

Mengingat lokasinya berada di kawasan Pamangkuan Hutan Tebo, sejauh mata memandang, yang kamu temukan adalah panorama alami. Begitu menenangkan suasana curug yang satu ini.

Oh, ya, ada satu hal yang unik, lho, dari Curug Sawangan.

Jika beruntung, pada siang hari, kamu dapat melihat semburat pelangi di tengah-tengah air terjun. Pelangi ini adalah efek pembiasan air oleh matahari. Itulah alasan mengapa destinasi wisata ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Pelangi.

Tidak jauh dari sana, kamu juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata lain. Contohnya, seperti Bukit Nogosari, Gua Karangduwur, dan Pantai Nogosari. Cocok untuk pencinta alam!

7. Gua Jatijajar

(sumber: instagram.com/andhika_ferdiant/)
LokasiJl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating4,3 / 5 dari 8.027 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen54 menit (32,9 km) lewat Jl. Raya Meles dan Jl. Kuwarasan-Jatijajar
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPatung dinosaurus

Gua Jatijajar memiliki nilai penting bagi kabupaten Kebumen. Di dalamnya, terdapat stalaktit dan stalagmit yang sangat panjang. Ini membuktikan bahwa usia gua tersebut sangat tua. Pasalnya, per tahun, stalaktit dan stalagmit hanya bisa tumbuh maksimal 1 cm.

Stalaktit dan stalagmit yang panjang ini menciptakan kesan yang dramatis di gua. Rasanya, gua ini membawa kamu masuk ke dalam dunia prasejarah. Mungkin, kamu akan membayangkan bahwa akan ada dinosaurus di sana.

Hmm, dinosaurus memang sudah punah. Namun, pengelola dan pemerintah setempat membangun sebuah patung dinosaurus di depan gua. Patung itu menjadi simbol betapa tuanya gua yang satu ini. Selain itu, patung tersebut juga menjadi sumber pengairan sawah. Dari mulutnya, keluar air dari Sendang Kantil dan Sendang Mawar.

Tak sulit memang menemukan wisata alam yang cantik di Kebumen. Ada begitu banyak destinasi berlibur yang sangat menentramkan hatimu. Mana yang paling kamu suka? Apakah kamu ingin menikmati debur ombak dan pasir di sela-sela jari kakimu? Atau, kamu mau wisata yang lebih sejuk di perbukitan? Semua ada di Kebumen. Nah, sambil berwisata, kamu juga bisa menjajal kuliner khas Kebumen yang lezat. Sungguh liburan yang sempurna!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply