14
22

Makanan Khas Wonosobo yang Tentunya Wajib Dicoba

Wonosobo selain terkenal akan keindahan pegunungan Dieng, ternyata juga menyediakan berbagai jenis makan yang unik dan khas. Makanan khas Wonosobo beragam, dan sangat mudah untuk didapatkan di sana.

Bahkan, makan tradisionalnya ada beragam. Tentunya makanan ini sangat wajib anda coba saat berkunjung ke sana. Anda penasaran? Mari simak berbagai jenis makanan yang khas Wonosobo ini.

Beberapa Makanan Khas Wonosobo yang Patut Dicoba

Wonosobo, selain terkenal dengan keindahan alamnya ternyata juga memiliki banyak makanan khas, terutama makanan tradisionalnya. Berhubungan dengan hal tersebut kami telah merangkum dan mengumpulkan berbagai jenis makanan khas Wonosobo untuk anda.

Makanan tradisional ini tentunya wajib anda coba saat berkunjung ke Wonosobo. Bahkan sebagian dari makanan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Lebih jelasnya mari kita simak ulasan mengenai makanan dari Wonosobo ini.

Carica

Makanan yang satu ini terbuat dari buah yang hanya bisa di jumpai di Wonosobo, loh. Namanya buah carica, buah yang terlihat mirip pepaya namun versi kecil ini bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makan.

Buah ini bisa diolah menjadi cemilan mulai dari manisan hingga sirup. Pohon dari buah ini bisa tumbuh subur di wilayah Dieng. Rasa dari buah ini sedikit asam, namun rasa bijinya sedikit asam manis. Jika anda tertarik untuk membeli makan ini anda bisa membelinya di Carica Sumbing Segar.

Kue Pepe Wonosobo

Kue ini sering hadir saat menjelang hari raya, tentunya kue ini sangat wajib anda coba ketika mampir ke Wonosobo. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa manis yang dijamin akan memanjakan lidah anda. Jika anda pecinta rasa manis tentunya makanan khas Wonosobo yang satu ini wajib anda coba.

Geblek

Jika anda sedang berlibur di Wonosobo dan menjumpai penjual gorengan yang menjual makanan berwarna putih, itu yang dinamakan geblek. Makanan yang khas banget dengan Wonosobo ini terbuat dari tepung pati dengan dicampuri daun kucai. Tekstur dari makan ini mungkin agak alot, namun rasanya sangat mantap.

Mie Ongklok

Jika berkunjung ke Wonosobo belum lengkap rasanya kalau belum mencoba makanan yang satu ini. mie ongklok ini sudah lama menjadi ikon kota Wonosobo, dan ada banyak orang yang tidak mau ketinggal mencicipi kuliner yang satu ini. Tambah lengkap rasanya jika makan yang satu ini dihidangkan dengan sate kambing dan tempe kemul.

Tempe Kemul

Makanan khas Wonosobo yang lain adalah tempe kemul. Biasanya orang yang tidak tahu keistimewaan dari makan ini. Bahkan, menyamakannya dengan tempe mendoan biasa. Namun, aslinya tempe andalan Wonosobo ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni taburan kucai yang melimpah dan baluran tepung renyah.

Nasi Megono

Masyarakat Wonosobo sering menyebut nasi dengan sego megono. Isian dari makan ini berupa nasi, sayur, dan ikan teri. Selain itu sebutan lain dari kuliner ini adalah sego reget, karena penampilan dari nasi ini yang terlihat kotor. Sayurnya biasanya di iris kecil-kecil lalu ditaburi ikan teri di atasnya, biasanya dihidangkan dengan tempe kemul.

Opak Singkong

Makanan tradisional ini berasal dari Kalibeber, kabupaten Wonosobo. Opak singkong ini terbuat dari singkong yang ditaburi dengan garam dan kucai, lalu ditumbuk sampai halus dipipihkan dan dijemur. Setelah kering lalu akan di goreng hingga matang, rasa dari makan ini cenderung lebih gurih dan asin.

Itulah makanan khas Wonosobo yang bisa anda coba ketika berkunjung kesana. Selain itu sebenarnya ada lebih banyak lagi makanan dan olahan yang bisa anda coba, bahkan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, loh.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply