20
23

Lokasi Budidaya Ikan Bandeng

Bandeng merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup menguntungkan. Pasalnya, masyarakat sudah sangat familiar dengan jenis ikan yang satu ini sehingga tingkat permintaan pasar untuk bandeng cenderung stabil dari waktu ke waktu.

Tidak hanya itu, dari segi nilai ekonomi, bandeng pun memiliki harga yang bagus.

Nah, beberapa faktor di atas menjadi pendorong banyak masyarakat untuk mencoba melakukan budidaya ikan bandeng sebagai bisnis baru mereka.

Jika Anda termasuk satu diantara mereka yang ingin mencoba peruntungan dari budidaya ikan ini, Anda perlu mengetahui syarat lokasi budidaya bandeng yang tepat.

Ya, detail tempat budidaya akan berpengaruh pada hasil panen yang didapatkan. Dengan lokasi yang tepat, ikan bandeng bisa tumbuh dengan baik dan hasil panen Anda pun nantinya pasti lebih banyak.

Syarat Lokasi Budidaya Ikan Bandeng

Ada beberapa syarat lokasi budidaya ikan bandeng yang cukup mendasar. Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Terletak diantara pasang surut air

Bandeng adalah jenis ikan air payau atau campuran antara air laut dan air tawar. Nah, ketika hendak memulai budidaya ikan bandeng, pastikan jika lokasi budidaya Anda terletak diantara pasang surut air payau tersebut. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut akan memudahkan pengairan tambak.              

Mendekati sumber air

Lokasi budidaya ikan bandeng yang baik adalah dekat dengan sumber air. Oleh karenanya, pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari muara, sungai, ataupun laut. Lokasi ini nantinya akan memudahkan pergantian air untuk membuat ikan bandeng senantiasa sehat,

Tanah yang kuat

Jika Anda hendak membangun kolam untuk melakukan budidaya ikan bandeng, maka pastikan Anda menggunakan tanah yang kuat dan tidak mudah bocor.

Saran untuk tanah yang digunakan adalah tanah liat di mana jenis tanah ini cenderung lebih ulet dan bisa menjaga volume air secara stabil.

Baca juga: Rekomendasi Umpan Ikan Barramundi.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam syarat lokasi budidaya ikan bandeng yang tepat. Tentukan lokasi budidaya Anda dan pelajari sistem budidaya lainnya untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply