9
13

Hewan Tercepat di Dunia

Diantara makhluk hidup yang ada di dunia ini, terutama pada hewan. Ada yang memiliki kecepatan diluar rata-rata. Hewan-hewan ini memiliki kecepatan yang bisa dibilang diluar nalar manusia.

Biasanya hewan yang memiliki kecepatan yang tinggi seperti ini merupakan hewan buas atau hewan yang memakan sesama (hewan lainnya).

Namun, ada juga yang bukan hewan buas tetapi memiliki kecepatan bergerak cukup tinggi.

Jadi apa saja hewan tercepat yang ada di dunia ini? Mari simak penjelasan berikut ini.

Daftar Hewan dengan Kecepatannya

#1. Cheetah

chetaah

Cheetah merupakan hewan darat yang miliki kecepatan lari maksimum 109,4 – 120,7 km/jam (68,0 -75,0 mph).

Cheetah dapat berakselerasi dari 0 hingga 96,6 km/jam (60,0 mph) dalam waktu kurang dari tiga detik, mesikpun daya tahannya terbatas. Kebanyakan cheetah hanya berlari selama 60 detik setiap kali.

Ketika berlari, cheetah menghabiskan lebih banyak waktu di udara daripada di darat.

#2. Singa

singa

Singa ialah hewan darat yang memiliki kecepatan maksimum 80,5 km/jam (50,0 mph). Singa adalah kucing liar tercepat kedua dengan kecepatan lari tertinggi 80,5 km/jam, meski hanya dalam waktu yang singkat.

Hal ini dapat membuat tubuhnya menjadi sangat kelelahan, sehingga biasanya singa harus mendekati mangsanya terlebih dahulu sebelum memulai serangan.

#3. Rusa Kutub

rusa kutub

Rusa kutub memiliki kecepatan maksimum 80,5 km/jam (50,0 mph). Wildebeest, antelop yang dikenal sebagai dua spesies dari rusa kutub biru dan rusa kutub hitam.

Keduanya pelari yang sangat cepat, dan memungkinkan mereka melarikan diri dari predator. Tubuh mereka lebih baik dalam lari ketahanan daripada berlari cepat.

#4. Marlin Hitam

marlin hitam

Marlin hitam merupakan hewan laut dengan kecepatan maksimum yang sudah direkam sekitar 132 km/jam (82 mph).

Seekor ikan marlin hitam yang terpancing berhasil tercatat melepaskan tali dari alat pancing dengan kecepatan 120 kaki per detik (132 km/jam).

#5. Ikan Layar

ikan layar

Ikan layar memiliki kecepatan maksimum yang sudah direkam sekitar 109,19 km/jam (67,85 mph).

Dalam serangkaian tes yang dilakukan di kamera pemancingan di Long Key, Florida, Amerika Serikat. Ikan layer berenang dan melompat 91 meter (300 kaki) dalam 3 detik, setara dengan kecepatan 109 km/jam (68 mph).

Namun ini termasuk kecepatan saat lompatan keluar dari air, yang berarti tidak sepenuhnya termasuk kecepatan berenang.

Anatomi ikan layar tidak jauh berbeda dengan ikan biasa, baik itu ikan laut ataupun ikan air tawar.

#6. Elang Emas

elang emas

Elang emas adalah burung atau hewan udara yang memiliki kecepatan maksimum 240 – 320 km/jam (150 – 200 mph). Dengan kecepatan penuh, elang emas dapat mencapai kecepatan spektakuler hingga 240 – 240 km/jam saat mengejar mangsanya.

Meskipun kurang gesit dan tidak bisa bermanuver, elang emas tampaknya cukkup setara dan bahkan mungkin lebih unggul dari kecepatan membungkuk dan muluncur dari elang peregrine.

#7. Paregrine Falcon

falcon

Elang peregrine adalah burung tercepat, dan anggota tercepat dalam kerajaan hewan. Ia tidak tercepat ketika melakukan penerbangan biasa atau datar, namun kecepatannya yang tinggi dicapai saat penyelaman berburu di udara.

Di mana ia menjulang tinggi, kemudian menyelam dengan tajam dengan kecepatan lebih dari 200 mph (320 km/jam).

Burung elang paregrine tidak menduduki tempat pertama saat berpergian dalam penerbangan biasa atau datar. Itulah pembahasan mengenai 7 hewan tercepat di dunia, baik itu di darat, laut, maupun udara.

Penutup

Dari semua hewan diatas, jika kita simpulakan, hewan paling cepat yaitu cheetah, mereka memanfaatka kecepatan tersebut untuk berburu mangsa.

Para mangsa rasanya akan sangat mustahil sekali untuk dapat lolosan dari buruan chetaah.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply