11
4

Cara Mengatasi HP Lemot

Smartphone saat ini sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang. Bahkan, saat ini banyak yang mengandalkan Smartphone untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Tidak heran, jika teknologi Smartphone saat ini semakin canggih dari waktu ke waktu.

Namun, secanggih-canggihnya Smartphone Jika sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama tentunya Smartphone juga bisa terasa cukup lemot dan berat ketika dipakai.

Hal ini bisa dibilang cukup wajar mengingat semakin lama dipakai, maka Smartphone akan semakin banyak beban yang ditampung.

Tidak hanya HP yang memiliki spesifikasi yang rendah, permasalahan ini juga sering kali terjadi pada HP dengan spesifikasi yang tinggi.

Sebelum mengetahui cara mengatasi HP lemot, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu penyebab HP lemot agar bisa diatasi dengan tepat.

Penyebab HP Lemot

1. Memori Internal Penuh

Memori internal yang hampir habis bisa menyebabkan penurunan performa pada Smartphone.

Hal ini dikarena sistem dan aplikasi juga membutuhkan memori internal untuk memproses data dan informasi yang dibutuhkan. Jika tidak tersedia ruang yang cukup, maka sistem akan berjalan lebih lambat.

2. Aplikasi yang Terpasang Tidak Sesuai Kapasitas Penyimpanan

Selain membuat memori internal cepat habis, memasang banyak aplikasi juga menyebabkan konsumsi RAM berlebih.

Tanpa kalian sadari aplikasi tersebut terus berjalan dilatar belakang, sehingga menyebabkan Smartphone menjadi lemot.

3. Smartphone Mengalami Penurunan Performa

Perlu Anda ketahui, penurunan performa terjadi setelah Smartphone digunakan lebih dari 2 tahun.

Hal ini dikarenakan sistem dan aplikasi yang terus mengalami peningkatan fitur dan performa membutuhkan sumber daya yang semakin besar.

4. File Cache Tidak Pernah Dibersihkan

Penumpukan file cache dapat menyebabkan memori internal penuh.

Setidaknya membersihkan file cache satu hari atau seminggu sekali dapat menjaga Smartphone tetap stabil dan optimal ketika digunakan.

Cara Mengatasi HP Lemot

Setelah Anda mengetahui penyebab HP lemot, berikut kami berikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP lemot dengan mudah.

1. Bersihkan File Cache

Untuk mendapatkan performa sistem yang stabil dan optimal, sebaiknya Anda melakukan pembersihan file cache.

File cache sebenarnya sangat membantu pengguna dalam mempercepat akses file sistem dan aplikasi. Namun, file cache tetap harus dibersihkan agar tidak terjadi penumpukan pada memori internal.

2. Perbarui Sistem Android

Dengan melakukan pembaruan software pada Smartphone, hal ini akan sangat membantu dalam mengakses berbagai aplikasi.

Sistem yang sudah diperbarui akan mendapatkan fitur terbaru, perbaikan bugs, keamanan, stabilitas, serta peningkatan performa.

3. Mengurangi Penggunaan Widget, Animasi, dan Live Wallpaper

Beberapa smartphone Android seperti OPPO, VIVO, Xiaomi, Samsung, Realme, dan merek Smartphone Android lainnya sudah dibekali dengan fitur widget, animasi, dan wallpaper untuk menambah fungsionalitas serta mempercantik tampilan.

Memasang widget, tema, maupun live wallpaper sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan memori RAM Anda mencukupi serta kapasitas baterai cukup besar.

Namun, akan jauh lebih baik jika sumber daya Smartphone digunakan untuk proses sistem dan aplikasi ketimbang tema dan live wallpaper.

4. Nonaktifkan Animasi

 Cara selanjutnya untuk mengatasi HP lemot adalah dengan mematikan animasi pada layar Smartphone Anda. Hal ini akan dapat meningkatkan kinerja Smartphone dan memperlancar aktivitas penggunaan.

5. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Meskipun Smartphone Android saat ini sudah dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar, bukan berarti kalian harus memasang aplikasi sebanyak-banyaknya.

Sebagaimana saran dari Ponselio untuk meningkatkan kinerja HP, apabila terlalu banyak aplikasi yang terinstall, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja Smartphone.

Hal ini dikarenakan kapasitas RAM juga akan terkuras karena digunakan oleh banyak aplikasi sekaligus. Sehingga ketika menjalankan banyak proses di waktu yang bersamaan, akan membuat Smartphone Android menjadi lambat dan lemot.

6. Melakukan Factory Reset

Factory reset menjadi cara paling ampuh untuk mengatasi HP lemot, karena dengan cara ini dapat mengembalikan kecepatan performa HP.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan data-data penting telah dipindahkan ke memori lain agar tidak ikut terhapus. Dengan melakukan factory reset, dipastikan Smartphone Anda akan lebih ringan karena sudah dikembalikan pada setelan pabrik.

Ketika Anda  menggunakan Smartphone, Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi sesuai dengan kemampuan Smartphone.

Dengan mencoba beberapa cara diatas diharapkan mampu mengatasi HP yang lemot. Meskipun tidak seperti Smartphone baru, setidaknya Smartphone Android Anda bisa lebih baik ketimbang sebelumnya.

Itulah beberapa cara mengatasi HP lemot dengan mudah. Semoga ulasan yang kami berikan bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa pada pada artikel kami selanjutnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply