26
60

Teknologi dan Komponen Cakram Keras

Sebuah cakram keras menyimpan data dengan cara memaketkan selaput tipis material “feromagnetik” pada piringan. Urutan perubahan arah pemagnetan akan mewakili data biner bit.

Data pengguna disandikan menggunakan skema pengkodean yang menentukan bagaimana data ditampilkan ulang berdasarkan perubahan medan magnet.

Umumnya cakram keras terdiri dari sebuah poros (spindle) yang yang menjaga putaran piringan (platter) tempat data disimpan.

Piringan terbuat dari bahan non magnetis dan teko mah biasanya aluminium alay, kaca atau keramik yang dilapisi satu lapisan tipis bahan magnetik setebal 10 sampai 20 nanometer yang kemudian dilapisi karbon sebagai pelindung terluar.

Sebagai perbandingan, tebal selembar kertas standar adalah 0,07 sampai 0,18 mm.

Tentang Teknologi Cakram

hardrive

Piringan pada cakram keras modern berputar secara bervariasi mulai dari 4.200 ppm pada perangkat jaringan hemat energi sampai 15.000 ppm untuk server berkinerja tinggi.

Cakram keras generasi pertama berputar pada kecepatan 1200 ppm. Generasi berikutnya menggunakan kecepatan 3600 ppm dan pada umumnya saat ini bekerja pada 5400 sampai 7200 ppm.

Informasi dibaca dan ditulis pada piringan berputar melalui alat pembaca tulis dalam (disk red and white head) yang bekerja sangat dekat (sekitar 10 nanometer) di atas permukaan piringan magnetis. Pembaca tulis ini dipergunakan untuk mendeteksi dan mengubah kemagnetan media yang ada di bawahnya.

Pada cakram modern ada satu pembaca tulisyang terpasang pada lengan bertugas untuk masing-masing permukaan piringan.

Sebuah lengan bertugas mengarahkan pembaca tulis seperti busur melintasi piringan yang berputar, memungkinkanpembaca tulis mengakses hampir seluruh permukaan piringan.

Lengan ini digerakkan menggunakan motoran penggerak lengan sistem golongan. Cakram keras model lama menuliskan data secara tetap dalam bep per detik sehingga setiap alur memiliki ukuran data yang sama.

Model terbaru (sejak tahun 1990-an) cara menggunakan sistem perekaman area Beat (zone bit recording) yang dapat menambah kecepatan penulisan dari piringan area terdalam ke area terluar. Dengan demikian data yang tersimpan di area terluar akan lebih banyak.

Pada cakram modern dan aku mah kecilnya ukuran benda magnetis membahayakan area kemagnetannya dari kemungkinan kehilangan karena efek panas (superparamagnetis).

Untuk mengatasi hal ini, piringan dilapisi dengan dua lapisan magnetik sejajar,dipisahkan sejauh 3 atau menggunakan bahan non magnetis ruthenium dan dua lapisan bermagnet yang arahnya berseberangan saling memperkuat satu sama lain.

Teknologi lain digunakan untuk mengatasi efek panas yang memungkinkan perekaman dengan kepadatan tinggi, dibuat pertama kali pada tahun 2005 dan tahun 2007 teknologinya sudah banyak dipakai pada cakram keras.

Komponen Cakram Keras

komponen hard drive

Dilansir dari Guratgarut.com, umumnya cakram keras memiliki dua motor listrik. Satu motoran poros pemutar cakram dan satu motor penggerak lengan untuk pembaca tulis yang terpasang melintasi piringan berputar.

Motoran cakram memiliki rotor yang terpasang pada piringan dengan gulungan terpasang pada tempat yang tetap. berseberangan dengan motor penggerak lengan pada ujung lengan terdapat alat pembaca tulis.

Sirkuit kabel tercinta menghubungkan pembaca tulis dengan penguat elektronik yang terpasang pada poros motor penggerak lengan.

Penyangga pembaca tulis ini sangat ringan namun kuat. Pada cakram modern dan percepatan pada pembaca tulis mencapai 550 gaya gravitasi (G-Force).

Motor penggerak lengan adalah sebuah magnet permanen dan golongan bergerak untuk mengayunkan pembaca tulis ke posisi yang diinginkan. Sebuah plat logam menyangga magnet NIB (neeodymium iron boron) bermedan kuat.

Di bawah pelat ini ada golongan perkara yang sering disebut sebagai golongan suara (voice coil yang disamakan dengan golongan pada pengarah suara) yang terpasang pada as motor penggerak lengan dan di bawahnya terdapat magnet NIB kedua dipasang di bawah plat motoran. Tetapi ada juga beberapa cakram keras yang hanya memiliki satu magnet.

Golongan suara itu sendiri bentuknya hampir mirip kepala panah dan terbuat dari kawat magnet berlapis tembaga ganda. Lapisan dalam adalah penyekat sedangkan lapisan luar adalah plastik tahan panas (thermoplastic) yang melekat pada golongan menempel dasar secara mandiri.

Bagian dari golongan sepanjang dua sisi kepala panah (yang mengarah ke pusat bantalan motor penggerak lengan) mempengaruhi medan magnet membentuk gaya tangensial yang menggerakkan motor penggerak lengan.

Aliran arus keluar menjari sepanjang sisi kepala panah dan jari-jari sama lain. sehingga permukaan magnet sebagian besar kutub utara (N Pole) dan sebagian lain berkutub Selatan (S Pole),dengan jari-jari yang membagi jalur pada bagian tengah, menyebabkan kedua sisi dari golongan kelihatan terpisah Medan magnetnya dan menghasilkan gaya yang menambah bukannya membatalkan.

Arus sepanjang atas dan bawah golongan jari-jari menghasilkan gaya yang tidak memutar pembaca tulis.

Kontrol elektronik cakram keras mengatur gerakan motor penggerak lengan dan putaran piringan, juga melakukan pembacaan dan penulisan sesuai permintaan kontrol cakram (disk controller).

Umpan balik dari bagian elektronik cakram dapat dengan mengartikan bagian khusus dari cakram untuk diserahkan ke pelayan umpan balik. Hal ini merupakan satu lingkaran sempurna (dalam kasus teknologi pelayan khusus / dedicated sero technology) atau bagian yang diselingi dengan data sebenarnya (dalam kasus teknologi pelayan tertanam / embedded servo technology).

Pelayan umpan balik mengoptimalkan sinyal ke rasio pengganggu dari sensor GMR dengan menyesuaikan golongan suara pada lengan penggerak. Putaran piringan juga menggunakan sebuah motor pelayan. perangkat usaha (frimware) cakram modern mampu menjadwal kan pembacaan dan penulisan secara efisien pada permukaan piringan dan memetakan ulang sektor yang mengalami kegagalan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply