1

5 Pesantren Gratis di Bandung Pilihan

Saat ini pondok pesantren juga menjadi salah satu pilihan untuk menimba ilmu, terutama yang berfokus pada ajaran agama Islam. Perlu diketahui bahwa ternyata ada pesantren gratis di Bandung yang menyediakan layanan pendidikan bagi para santrinya.

Memang program pesantren gratis ini tidak diperuntukkan bagi semua orang. Terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan untuk bisa mendaftar sebagai santri di pesantren-pesantren tersebut.

Pesantren Gratis di Bandung Pilihan

  1. Pesantren Tahfidz Al Muhajirin

Pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Mandalajati ini memiliki fokus untuk didikan hafalan Quran atau tahfidz. Untuk metode hafalan, pesantren yang ada di bawah Masjid Al Muhajirin ini memakai metode menghafal dengan pemahaman makna dari setiap kata. 

Dengan begitu, hafalan Quran menjadi lebih meresap ke hati. Syarat masuk pesantren tahfidz Al Muhajirin yaitu merupakan yatim atau dhuafa. Menghafal Al-Quran bukan dari paksaan orang tua, dapat membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid, tidak merokok, serta berusia 15-20 tahun.

  1. Pondok Pesantren Nurul Huda

Pondok pesantren Nurul Huda adalah pesantren yang bercorak NU. Mengenai pendidikan yang dilakukan di ponpes ini, santri-santri yang menimba ilmu di Nurul Huda akan belajar mengenai berbagai pelajaran agama menggunakan kitab kuning. 

Beberapa pembelajaran yang akan didapatkan yang ilmu nahwu, tauhid, sharaf, aqidah, fiqih, balaghah, serta pendidikan lainnya. Nurul Huda juga memiliki pendidikan formal untuk tingkatan MI serta MTs.

  1. Pondok Pesantren Darul Hamid

Pesantren Darul Hamid memang bukan terletak di Kota Bandung, namun di Kota Cimahi. Walaupun begitu, pesantren ini bisa menjadi salah satu pilihan. Pondok pesantren Darul Hamid merupakan lembaga pendidikan swasta berbasis Islam yang didirikan tanggal 20 September 2019. 

Pesantren ini hadir dengan sistem kurikulum terpadu, pendidikan agama, dan pelajaran bahasa Inggris serta Arab secara intensif. Selain itu, pendidikan yang ada juga berfokus pada tahfidz.

  1. Pondok Pesantren Darul Musafir

Ponpes Darul Musafir adalah salah satu pesantren gratis di Bandung yang berada di Cileunyi. Pondok pesantren ini memiliki keputusan bahwa santri yang menimba ilmu disini tidak dibebankan biaya untuk menempuh pendidikan umum, agama, dan tahfidz Al-Quran.

  1. Pondok Pesantren Yatim Al Hilal

Ponpes yang dikhususkan untuk penghafal Al-Quran ini sudah berdiri dari tahun 2002. Awalnya, pesantren ini merupakan lembaga penyantun anak yatim. Di tahun 2009, mulai dibangun Pesantren Al Hilal dengan modal keuntungan dari usaha pendirinya. 

Hingga saat ini, pesantren ini bahkan sudah memiliki 6 cabang. Terdapat beberapa program yang ditujukan untuk para santri, seperti:

  • Beasiswa anak yatim
  • Wisuda tahfidz
  • Jambore santri
  • Rihlah
  • Tadabbur Alam
  • Kebun santri dan program lainnya

Sumber: Pesantrenterbaik.com

Memiliki keterbatasan bukan berarti tidak bisa meraih pendidikan yang sepantasnya. Saat ini sudah ada pesantren gratis di Bandung yang ditujukan oleh calon santri dengan kondisi-kondisi tertentu. Sebelum mendaftar, cobalah cari tahu lebih lanjut mengenai pesantren tersebut. 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply